Selalu Berpikir Positif

Pengertian dan Ciri Ciri Wirausaha
July 17, 2019
https://pixabay.com/photos/morning-positive-sky-beautifull-2264051/

Tidak mudah untuk selalu berada pada posisi untuk berpikir positif. Situasi sekitar kita, kondisi keuangan, saat dimarahi atau diomeli bos atau setelah dikomplain oleh customer, membuat jiwa kita menjadi down. Seolah-olah kehidupan berhenti. Betul, memang tidak mudah.

Tapi kita perlu melatih diri kita untuk kembali bangkit. Salah satunya adalah untuk tetap berpikir positif. Artikel ini akan memberikan beberapa tips-tips untuk terus berpikir positif. Artikel ini merujuk atau meringkas dari tulisan berdasarkan website ini: https://dosenpsikologi.com/cara-agar-selalu-berpikir-positif.

Berikut ini adalah tips-tips-nya.

  • Bersyukur

Seringkali banyak orang merasa bahwa hidupnya amatlah buruk, dengan adanya sugesti tersebut menjadikan seseorang justru memang benar-benar terpuruk dan menderita. Padahal apa yang mereka dapati sebenarnya lebih baik dibandingkan orang lain atau mungkin orang disekitarnya. Bahwa dalam ajaran agama, kita diwajibkan untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita punya. Kita harus melihat apa yang sudah kita dapatkan selama ini, bukan yang kita inginkan selama ini. Dengan beryukur, memudahkan kita untuk berpikir bahwa kita sudah memperoleh lebih dari yang sebetulnya yang kita pikirkan.

  • Berkumpul dengan Orang Positif

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah jangan terlalu banyak menyendiri. Karena, jika kita sering menyendiri, akan memberikan peluang kita untuk berpikir untuk menyalahkan diri sendiri. Kita perlu berkumpul dengan orang lain. Dengan teman sekantor, teman-teman masa sekolah dulu, dengan tetangga dekat rumah, dengan saudara, dan sebagainya. Berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran positif bisa membawa anda menjadi pribadi yang lebih bijak dan melihat berbagai hal dari sisi positif. Berkumpulan dengan banyak orang akan memberikan rasa nyaman dan tenteram.

  • Istirahat

Kadang-kadang, situasi kerja menuntut kita sering dalam situasi yang menegangkan. Sehingga kita merasa terkekan. Kita perlu rileks sedikit. Beristirahatlah sejenak. Pejamkan mata sejenak. Istirahat merupakan obat dari segala hal yang membuat anda menjadi buruk atau menjadi jelek. Salah satunya anda yang sering berpikir negative dan sering menilai buruk akan orang lain. Ketika memiliki masalah memforsir diri untuk mencari jawaban saat itu juga justru membuat anda pusing dan juga tertekan.

  • Melihat Sisi Baik

Kita perlu membiasakan diri untuk berpikir ulang atas apa yang sudah kita alami. Cobalah melihat segala persoalan dari sisi yang berbeda. Mungkin kita bisa temukan jawabannya. Misal, ketika habis kena komplain customer, cobalah untuk berpikir untuk berada pada posisi customer tersebut. Apa yang menyebabkan dia komplain? Bagaimana jika kita sebagai customer? Mungkin jika kita berada pada posisi customer tersebut, kita pun akan komplain juga. Jadi kita melihat ke diri sendiri, apa yang harus diperbaiki dari diri kita.

  • Berbuat Baik

Senantiasa berbuat baik, pada siapapun, akan membuat kita rendah hati. Sikap rendah hati ini akan senantiasa mendorong kita untuk selalu tersenyum, membantu orang lain, dan tidak mudah marah-marah. Mudah marah, akan membuat kita menjadi dalam situasi yang tertekan. Berbuat baik akan membantu anda dalam membuka pikiran mengenai dunia atau orang lain. Terkadang kita memiliki pemikiran negatif dan melihat bagian luar saja, misalnya penampilan ataupun melihat dari apa yang biasa orang lain tunjukan. Namun kita tidak tahu seperti apa hati orang lain. Dengan berbuat baik, orang lain akan menghormati dan menghargai kita sama seperti yang kita lakukan pada mereka. Karena itulah berbuat baik bisa menjadikan pikiran yang lebih positif datang pada diri kita.

Demikianlah artikel ini agar kita dapat melatih diri kita agar selalu dalam kondisi berpikir positif. Semangat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us