HUT ke-75 Kemerdekaan RI Momentum Kebangkitan Indonesia Maju

“Motivator Terbaik Dalam Hidup Adalah Diri Sendiri”
June 22, 2020

Dalam beberapa hari ke depan Bangsa Indonesia akan memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Nuansa yang berbeda tentu terasa bila dibandingkan dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, kita akan merayakan peringatan tersebut dalam suasana pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya.

Seperti kita ketahui bersama, pandemi covid-19 telah mendisrupsi dan membawa dampak yang luar biasa bagi sendi-sendi kehidupan ekonomi dan relasi sosial kemasyarakatan pada 215 negara yang terkena imbasnya, termasuk Indonesia.

Kini, negara-negara di berbagai belahan dunia tengah terjerembab ke dalam resesi ekonomi, di mana sebagian besar lainya tengah berjuang keras untuk mengarungi wilayah yang penuh dengan ketidakpastian (unchartered waters) dengan lebih dari 18 juta penduduk dunia yang terinfeksi covid-19.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI mendatang, di tengah perjuangan keras menghadapi dampak pandemi covid-19, oleh Indonesia seyogyanya dapat dijadikan momentum dengan memanfaatkan golden opportunity, utamanya dengan bangkit menyatupadukan langkah dalam mereposisi strategi dan memastikan seluruh rencana aksi Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh delivered sampai dengan tataran masyarakat terbawah.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI hendaknya juga dapat dijadikan ajang memetik pembelajaran dari spirit dan teladan para pendiri bangsa, yang telah mewariskan spirit kebersamaan, gotong royong, gigih berjuang, ketangguhan, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita kemerdekaan, serta upaya membangun kemandirian dalam  menggapai kehidupan yang lebih baik  di tengah keterbatasan dan rintangan yang dihadapi. Semua ini dapat menjadi modal bangsa dalam mengakselerasi kebangkitan untuk Indonesia Maju.

Kini dengan perjalanan panjang kemerdekaan Indonesia, spirit bangkit untuk masa depan yang lebih baik dalam menggapai Indonesia Maju, harus dapat menjadi shared vision yang melandasi setiap derap langkah dan tindakan seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi segala rintangan dan tantangan keberlanjutan pembangunan, terlebih di tengah kondisi global yang masih kurang menguntungkan akibat pandemi covid-19.

Kapitalisasi modal bangsa untuk Indonesia Maju

Dari peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, kita setidaknya memiliki beberapa modal dasar yang telah diwariskan para pendahulu bangsa, yang dapat dikapitalisasi sebagai faktor pengungkit untuk bangkit menuju Indonesia Maju. Sejak dahulu kala, nilai-nilai gotong royong,  kerja sama dan empati telah tumbuh subur dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Ketangguhan, pantang menyerah  dan daya adaptasi para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan telah pula terbukti mampu membawa perjalanan Bangsa Indonesia  keluar dari belenggu penjajahan, merebut kemerdekaan, dan keluar dari masa-masa sulit, sekaligus membuktikan Indonesia sebagai bangsa besar dan bangsa petarung.

Spirit ini semakin relevan di tengah kondisi bangsa kita yang tengah menghadapi dampak pandemi covid-19 dan secara paralel berjuang untuk memastikan tiga prioritas: Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh dapat berjalan optimal pada tataran implementasi sehingga dipastikan dapat bersinergi guna bangkit dalam menggapai Indonesia Maju.

Pandemi covid-19 juga telah mengubah cara dan kebiasaan kerja, terjadi transformasi digital dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan cara-cara yang lebih efisien, efektif, transparan, dan akuntabel, transformasi digital ini diharapkan dapat terus ditingkatkan pada masa-masa mendatang. Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-75 RI hendaknya dapat dijadikan  momentum transformasi digital di Indonesia yang perlu terus ditingkatkan implementasinya.

Transformasi digital ini menjadi salah satu faktor determinan dalam menggapai Indonesia Maju. Bila kita merujuk pada hasil survei Institute for Management and Development (IMD), Indonesia masih berada di posisi 56 dari 63 negara. Indonesia masih kalah dari negara-negara lain di Asia Tenggara atau ASEAN. Hal ini tentunya dapat mengurangi daya saing bangsa di tengah persaingan antara bangsa yang semakin kompetitif.

Untuk itu, road map transformasi digital menjadi keniscayaan di sektor strategis, seperti di pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor perdagangan, sektor industri, dan sektor penyiaran, sehingga perlu terus diperbaiki percepatan implementasinya secara masif agar dapat berkonstribusi dalam menggapai kebangkitan untuk Indonesia Maju.

Beragam modal bangsa yang sesungguhnya telah kita miliki tersebut sebagai mana yang diuraikan di atas seyogyanya dapat dikapitalisasi menjadi senjata tajam kita dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan di masa-masa pandemi covid-19 khususnya dan masa-masa mendatang pada umumnya untuk bangkit menggapai Indonesia Maju.

Apabila direfleksikan secara historis, spirit  Bangkit untuk Indonesia Maju  sejalan dengan visi besar para pendiri Bangsa Indonesia yang terefleksi dalam Pembukaan UUD 1945 dimana alenia kedua secara tegas menyatakan keinginan untuk mewujudkan masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Para pendiri bangsa telah mengingatkan dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI mendatang dapat menyegarkan memori kolektif bangsa terhadap detik-detik perjuangan, menghidupkan semangat, dan jasa pahlawan sehingga dapat menginspirasi serta menghidupkan semangat kita untuk meneruskan mengejar cita-cita bangsa dengan mengkapitalisasi keberagaman sebagai modal bangsa yang disatukan dengan satu tujuan dan satu kebangsaan dan meningkatnya rasa bangga buatan Indonesia bagi seluruh masyarakat  untuk Indonesia Maju.

Indonesia Maju sejatinya merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, makna kemerdekaan tahun ini bukan hanya sebagai kata, tetapi sesungguhnya sebagai kesempatan.

Kesempatan dalam arti untuk bermimpi hingga nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa sehingga dapat mengakselerasi  kebangkitan untuk Indonesia Maju.

Kita tentunya berharap berbagai spirit tersebut hendaknya dapat melembaga ke dalam setiap derap langkah kita dalam mendukung kebangkitan untuk Indonesia Maju. Langkah sekarang akan menentukan capaian yang akan datang. Komunikasi ruang publik harus diisi dengan optimisme pembangunan untuk Indonesia Maju. Kita perlu sudahi semua pembelahan masyarakat serta ujaran kebencian yang kontra produktif terhadap kemajuan pembangunan.

Perkembangan situasi global yang kurang menguntungkan akibat dampak pandemi covid-19 hendaknya dapat menjadikan kita semakin bersatu dalam keberagaman, gotong royong, tangguh dalam menghadapi tantangan, mendorong kecepatan, mentranformasikan Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh dengan dukungan akselerasi transformasi digital guna bangkit untuk Indonesia Maju.

Bangkit untuk Indonesia Maju yang menjadi tujuan kita bersama sudah barang tentu membutuhkan lompatan besar, utamanya dalam mendukung akselerasi serta upaya  sungguh-sungguh dalam terus meningkatkan  sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dalam mempersiapkan dan memastikan setiap lompatan-lompatan kemajuan dilaksanakan dalam metode yang terukur dan dengan cara-cara kerja serta terobosan baru.

Bangkit untuk Indonesia Maju diharapkan dapat mempercepat capaian Visi Indonesia Maju 2045 dengan melabuhkan Indonesia menjadi negara yang memiliki pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 7 triliun dollar AS, hal ini sejatinya merupakan visi besar dalam  mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan Makmur.

Visi Indonesia maju tersebut sekaligus menjadi langkah strategis  Indonesia  sebagai  lima besar ekonomi dunia tertinggi  dengan PDB terbesar kelima di dunia. Semoga dengan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI mendatang dapat kita jadikan momentum kebangkitan untuk Indonesia Maju. Dirgahayu Indonesiaku. (Eddy Cahyono Sugiarto – Asdep Humas Kemensetneg)

Sumber : https://www.setneg.go.id/baca/index/hut_ke_75_kemerdekaan_ri_momentum_kebangkitan_indonesia_maju

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us