Ada berbagai macam cara untuk menjaga kualitas kerja kita tetap optimal. Salah satu meningkatkan produktivitas kerja adala dengan menerapkan kebiasaan kerja yang positif.
Sebanyak apapun tugas dan tanggung jawab yang kita milliki, sebagai seorang pekerja kita harus tetap bisa selalu produktif. Namun, menjaga kualitas kerja tetap prouktif tidak semudah yang dikatakan. Terkadang kita harus bergulat dengan padatnya tekanan kerja dan mood yang bisa berubah-ubah.
Sebagai seorang professional, kita tidak boleh kalah dengan perasaan. Supaya kmu bisa selalu produktif dalam keadaan apapun, sebaiknya mulai terapkan kebiasaan kerja yang positif. Berikut mimin punya beberapa tips untuk menjaga kualitas kerja kita tetap optimal. Check it out.
Kebiasaan pertama yang harus mulai kamu perhatikan adalah bekerja secukupnya. Dalam hal ini, kita membutuhkan manajemen waktu yang baik. Produktif memang bisa terjadi karena kita bekerja keras. Akan tetapi, bekerja keras tanpa diimbangi manajemen waktu yang baik hanya akan menghasilkan rasa Lelah dan mengurangi produktifitas kita.
Manajemen waktu yang baik juga membuat kita memiliki waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga dan bersiap untuk bekerja keesokan harinya.
Kebiasaan kerja yang selanjutnya adalah dengan menghindari melakukan pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Dalam kasus ini, penting untuk membuat to do list yang berisi pekerjaan apa yang akan diselesaikan terlebih dahulu tergantung skala prioritas. Membuat to do list juga membuat kitab isa menyelesaikan pekerjaan secara terperinci dan sesuai dengan tujuan.
To do list juga membuat kita lebih dimudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu sesuai deadline yang ada. To do list juga mencegah kita kehilangan focus dan stress.
Menjauhkan distraksi tidaklah mudah. Tetapi kamu harus melawannya untuk menjaga tetap produktif. Karena itu, cobalah memiliki kebiasaan untuk selalu menjauh dari hal yang paling membuatmu terdistraksi Ketika bekerja.
Misalnya, jika hal yang membuatmu mudah terdistraksi adalah sosial media, maka kurangilah penggunaan sosial media atau aktifkan mode do not disturb pada ponsel kalian selama kalian bekerja. Cobalah untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk untuk tidak melakukan hal-hal yang mengganggu waktu bekerja. Ingatlah bahwa pekerjaan adalah tanggung jawab yang harus diselesaikan, sehingga sangat perlu untuk tetap fokus.
Sesibuk apapun kamu di kantor jangan lupa untuk menyempatkan waktu berolahraga. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang usia dewasa untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu. Tentu itu bukan waktu yang lama untuk berolahraga. Menyempatkan waktu berolahraga bukan hal sulit jika kita berkomitmen.
Mulailah dari olahraga yang ringan dan gampang dilakukan seperti jalan kaki. Kita juga bisa melakukan olahraga yang kita sukai misalnya bersepeda atau futsal. Olahraga juga membuat tubuh kita terbiasa dengan stress dan membuat mood kita jauh lebih baik.
Itulah beberapa tips yang bisa mimin bagikan pada kesempatan kali ini. Mulailah untuk berkomitmen agar menjadi lebih produktif selama bekerja. Jangan lupa istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi agar tubuh senantiasa ternutrisi dengan baik. Semoga bermanfaat fellas.