logo Pesona Cipta
(0274) 567437 | info@pesonacipta.co.id

Pesona Cipta, PT.

Tetap Produktif Saat Work From Home

admin
10 May 2022 00:00
.
Tetap Produktif Saat Work From Home Resources : Unsplash

Hampir semua aktivitas perkantoran merasakan yang namanya Work From Home (WFH), di saat semakin meningkatnya penularan Covid-19 semakin banyak bidang pekerjaan yang memberlakukan WFH untuk mengurangi resiko penyebaran virus tersebut. Menjaga produktivitas saat bekerja adalah kunci agar performa di kantor tetap bisa sama dengan performa saat work from home.

Pentingnya Produktivitas Kerja Saat Pandemi

Hal yang dialami banyak orang apabila merasa bosan dan jenuh dengan situasi pandemi yang membuat sebagian kegiatan menjadi terbatas. Akan sangat berbeda bekerja di rumah dan di kantor, oleh karena itu Anda bisa mengalihkan perhatian dengan aktivitas lain sebelum bekerja.Yang tadinya Anda jarang olahraga karena tidak sempat harus menempuh perjalanan ke kantor, saat ini sebagai pengganti waktu perjalanan Anda bisa berolahraga kecil di halaman rumah atau dalam ruangan.

 

Cara Menjaga Produktivitas Kerja

Untuk menjaga kinerja tetap maksimal dan tetap produktif saat bekerja walaupun dari rumah. Berikut Tipsnya :

1. Mengatur Jadwal

Dengan mengatur jadwal kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan dari pagi hingga sore atau malam hari, karena waktu yang kamu miliki lebih dari cukup saat WFH. Sesuaikan jadwal dari yang paling penting hingga kegiatan inti selesai. Bisa buat jadwal harian, mingguan, atau bahkan jadwal hingga bulanan.

2. Olahraga

Bagi Anda yang jarang berolahraga tidak ada waktu karena sudah habis untuk perjalanan ke kantor, kali ini waktu perjalanan tersebut bisa diganti dengan berolahraga secukupnya. Selain olahraga membuat badan kita sehat, olahraga kecil dan sederhana saja agar badan tetap bugar. Duduk terlalu lama saat WFH juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Cobalah meluangkan waktu 30-45 menit sehari.

3. Bersih-bersih ruangan kerja

Bila di kantor ruangan Anda bersih karena ada tenaga kebersihan yang membereskan semuanya, kini untuk menjaga suasana kerja nyaman untuk bekerja. Cobalah set ruangan kerja di rumah agar tetap nyaman sehingga pekerjaan Anda juga maksimal.

4. Istirahat Cukup

Bukan berarti bekerja di rumah bisa santai dan melupakan waktu istirahat. Kembali ke point satu, atur jadwal dari Anda berolahraga, mandi pagi, sarapan, bekerja, dan waktu istirahat untuk beribadah, makan siang, atau tidur siang. Karena pasti di kantor Anda tidak bisa merasakan namanya tidur siang.

5. Tetap Menjaga Penampilan

Meskipun bekerja di rumah tidak akan ada yang memperdulikan apa yang Anda kenakan, tapi akan lebih baik jika Anda berpakaian sopan atau mempersiapkan pakaian kerja bila tiba-tiba ada meeting online dadakan.

 

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda yang masih bekerja di rumah. Dan tetap menjaga kesehatan, tidur yang cukup, rutin berolahraga, konsumsi makanan yang sehat.